probiotik

7 Fakta soal Probiotik yang Mesti Diketahui!

  • November 19, 2021

Salah satu pendukung daya tahan tubuh yang dipercaya banyak orang adalah probiotik. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah lewat asupan suplemen ataupun berbagai jenis makanan alami yang mengandung bakteri baik ini. 

Manfaat probiotik untuk tubuh nyatanya telah terbukti lewat berbagai penelitian. Pengonsumsi probiotik secara teratur dipercaya mampu membuat pencernaan Anda lebih sehat sehingga bisa terhindar dari masalah seperti diare. Bukan hanya itu, probiotik juga bisa membuat Anda merasa lebih bahagia! 

Mengonsumsi probiotik jelas baik untuk tubuh Anda. Namun, jangan pula mengonsumsinya secara asal dan tidak ada aturan. Ada beberapa fakta mengenai probiotik yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjadi pengguna setia dari jenis bakteri baik yang satu ini.

Dua Jenis Populer 

Probiotik bukan hanya ada satu jenis. Nyatanya, ada banyak sekali ragam jenis probiotik yang sebenarnya bisa Anda konsumsi. Hanya saja, jenis probiotik yang populer dan kerap dijadikan suplemen hanya dua, yaitu Lactobacillus dan Bifidobacterium. Kedua jenis probiotik ini dipecaya mampu menyeimbangkan bakteri di usus sekaligus tubuh Anda. Namun jika penasaran, ada sedikit bocoran soal jenis probiotik lain, yaitu Saccharomyces boulardii.  

Lebih dari Sekadar Bakteri 

Hal ini sebenarnya sudah lama dipahami bahwa probiotik sebenarnya merupakan jenis bakteri, namun memiliki manfaat bagi tubuh karena bisa membunuh bakteri-bakteri jahat yang berlebihan dalam tubuh Anda. Namun dalam sebuah penelitian lain didapati fakta, probiotik ternyata lebih dari sekadar bakteri. Probiotik merupakan mikroba baik yang bisa berasal dari kombinasi bakteri, virus, jamur, sampai protozoa.

Bukan Hanya Saluran Pencernaan 

Hampir sebagian besar habitat bakteri baik alias probiotik memang ada di saluran pencernaan. Ini pulalah yang membuat saluran pencernaan Anda menjadi lebih lancar dan terhindari dari masalah seperti diare ataupun sakit perut. Namun yang mesti dipahami, sebenarnya probiotik ini juga ada di bagian tubuh lain. Beberapa bagian tubuh yang kerap menjadi habitat lain probiotik selain di sistem pencernaan, antara lain di mulut, saluran kemih, kulit, juga paru-paru. Karena alasan inilah, probiotik juga dipercaya bisa mengatasi infeksi saluran pencernaan, masalah kulit seperti eksim, sampai mengobati infeksi saluran pernapasan. 

Manfaat Bergantung Jenis 

Sebaiknya, Anda tidak menyamaratakan seluruh manfaat probiotik. Bagaimanapun, manfaat probiotik sangat bergantung dengan jenisnya. Namun memang, kebanyakan jenis probiotik berupa Lactobacillus yang populer digunakan efektif dalam melakukan pencegahan dan penanganan terkait beragam masalah saluran pencernaan. 

Hadir Lewat Fermentasi 

Probiotik tergolong agak jarang ditemukan pada jenis makanan yang alami tanpa proses apapun. Untuk mendapatkan probiotik, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan-makanan yang sudah mengalami proses fermentasi. Soalnya, pada proses fermentasi terhadap suatu makanan, ada sejumlah pemasukan bahan seperti ragi maupun bakteri yang baik yang memang sengaja diberikan. 

Ancaman Resistensi Antibiotik 

Pada dasarnya, probiotik aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan usia. Anda bahkan bisa mengonsumsi suplemen probiotik tanpa resep dokter karena produknya dijual bebas di pasaran. Hanya saja, pengonsumsia probiotik oleh orang-orang yang memiliki masalah dengan imunitas atau berdaya tahan tubuh rendah patut lebih hati-hati. Pasalnya pada golongan tersebut, probiotik bisa menghadirkan resistensi antibiotik. 

Popularitas Kian Meningkat 

Belakangan popularitas penggunana probiotik semakin meningkat. Dalam sebuah survei di Amerika Serikat contohnya, pengguna probiotik yang berusia dewasa ternyata naik 4 kali lipat dalam 5 tahun. Bukan hanya probiotik, pengonsumsian suplemen atau makanan yang mengandung prebiotik juga membantu pertumbuhan bakteri di dalam tubuh juga banyak diincar. 

Jika sudah lebih paham soal fakta-fakta probiotik, Anda akan lebih tenang dan bijak dalam mengonsumsinya. Anda pun tidak akan meragukan lagi manfaat probiotik, sembari bisa menghindari efek samping yang tidak diharapkan. Benar tidak? 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*