actified obat batuk

7 Tips Ampuh Redakan Flu, Salah Satunya dengan Actified

  • October 7, 2021

Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini menginfeksi hidung, tenggorokan, dan terkadang hingga paru-paru. Penderita flu biasanya kerap mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung meler dan tersumbat, sakit kepala, nyeri pada otot dan tubuh, lemas, dan pada beberapa kasus flu juga bisa menyebabkan diare. 

Bagaimana cara virus masuk kedalam tubuh?

Seseorang bisa terkena flu akibat menghirup atau terkena droplet dari penderita  flu saat ia sedang bersin atau berbicara. Kemudian, bisa juga terinfeksi saat tak sengaja memegang benda yang terkontaminasi virus influenza kemudian menyentuh mulut, mata, atau hidung.

Tips ampuh redakan flu

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu meredakan gejala flu yang terjadi. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Istirahat cukup

Saat terkena flu, biarkan tubuh lebih banyak beristirahat selama beberapa hari. Jangan memaksakan tubuh untuk melakukan aktifitas jika ingin flu cepat mereda. Tambah jam tidur, serta kurangi aktivitas berlebih yang memberatkan tubuh dinilai mampu membuat tubuh lebih cepat untuk pulih dari gejala flu. Kemudian perlu di ingat juga bahwa penyakit ini adalah penyakit yang cepat menular, saat Anda beraktifitas seperti biasa dan tidak beristirahat, orang sekitar Anda akan mudah tertular  dan semakin sulit lagi penyembuhannya.

  1. Perbanyak cairan

Pastikan Anda minum lebih banyak cairan saat flu. Kekurangan cairan hanya mengakibatkan gejala flu semakin parah. Selain minum air putih lebih banyak dari biasanya, Anda juga bisa menambahkan cairan lain seperti jus buah, serta makanan yang mengandung banyak kuah seperti sup ayam agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

  1. Terapi uap

Selanjutnya, Anda bisa coba lakukan terapi uap. Terapi uap dinilai mampu memberi pengaruh baik untuk meringankan iritasi yang terjadi di area pernapasan agar lendir tidak semakin kering sehingga mudah dikeluarkan. Untuk melakukannya, isi baskom menggunakan air hangat-hangat kuku, . kemudian letakkan handuk kecil dibelakang kepala sambil perlahan menurunkan kepala ke dekat baskom berisi air hangat. Setelahnya, hirup uap secara perlahan selama beberapa menit hingga pernapasan menjadi lebih lega.

  1. Gunakan pelembab udara pada ruangan

Saat udara ruangan kering, gejala flu yang dialami dapat jadi semakin parah kondisinya. Contohnya, saluran pernapasan seperti tenggorokan akan semakin kering akibat hal ini. Begitu juga keluhan flu yang terjadi. Untuk itu, Anda bisa menggunakan pelembab udara atau humidifier agar kelembaban udara tetap terjaga. Tak mesti digunakan 24 jam penuh, Anda bisa mulai menghidupkan humidifier beberapa saat sebelum tidur. 

  1. Konsumsi obat flu yang sesuai 

Selanjutnya Anda dapat mengkonsumsi obat flu yang sesuai untuk membantu meredakan gejala flu. Obat yang diminum ditujukan untuk meredakan rasa tidak nyaman atau rasa sakit yang terjadi akibat flu. Ada banyak jenis obat yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan keluhan flu. Beberapa diantaranya adalah ibuprofen, antihistamin, ekspektoran, hingga dekongestan. 

Actifed Sirup

Actifed sirup merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala flu akibat alergi. Didalamnya terdapat kandungan zat aktif triprolidine HCl, pseudoephedrine HCl, Dextromethorphan HBr yang berpengaruh baik untuk meringankan gejala flu yang terjadi.

Beberapa manfaat Actifed sirup:

– Membantu meringankan gejala flu seperti batuk, hidung berair atau tersumbat, bersin, mata berair, sakit kepala, hingga nyeri otot.

– Membantu mempercepat penyembuhan alergi yang terjadi.

Untuk meredakan gejala flu, Anda bisa menggunakan Actifed sirup 1 sendok takar 3-4 kali sesudah makan atau sesuaikan dengan anjuran serta arahan oleh dokter. 

Meski penyakit ini sebenarnya flu adalah penyakit yang tak memerlukan perawatan khusus, penting bagi penderita flu untuk mengetahui cara tepat meredakan gejalanya. Membiarkan flu tanpa melakukan perawatan dapat membuat gejala flu semakin lama untuk sembuh bahkan dapat jadi semakin parah. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*