Apa Beda PCR dan Swab Test? Ini Penjelasannya!

  • September 30, 2021

Era pandemi membuat banyak hal baru, kebiasan baru, hingga beragam aturan baru dalam menjalani aktivitas. Masker menjadi kebutuhan wajib dan dasar saat ini, belum lagi harus melakukan baik swab test maupun antigen sebelum bepergian di mana pengeluaran pun harus dibudgetkan lebih. 

Terkait dengan pemeriksaan Covid-19, banyak orang-orang belum paham betul bahkan salah kaprah tentang berbagai macam tes Covid. Munculnya istilah PCR, Swab, Antigen, dan Rapid membuat beberapa orang masih bingung untuk membedakannya. Untuk itu, berikut ini ada penjelasan mengenai perbedaan istilah PCR Swab Test dan ragam tes Covid lainnya.

Apa saja ragam tes Covid?

Diagnosis Covid-19 dapat dilihat melalui gejala, tapi untuk menegakkannya diperlukan pemeriksaan mendalam. Air liur, lendir, atau darah biasanya dijadikan sampel untuk mendeteksi keberadaan virus yang aktif. 

Mengutip beberapa sumber media kesehatan, jenis tes Covid umumnya terdiri dari dua, yaitu:

  • Tes virus/diagnostik: untuk mencari dan memberitahu apakah ada infeksi virus yang aktif saat ini di tubuh Anda. Dua jenis tes virus yang biasa digunakan adalah tes amplifikasi asam nukleat atau disebut juga tes molekuler dan tes antigen.
  • Tes antibodi  yang juga dikenal sebagai tes serologi (Rapid Test): untuk mengetahui dan memberi tahu apakah Anda pernah terinfeksi virus corona sebelumnya. Tes antibodi ini dilaukan dengan mengambil sampel darah dan tidak boleh digunakan untuk mendiagnosis infeksi saat ini.

Tes molekuler disebut juga dengan PCR atau RNA. PCR sendiri adalah metode analisis untuk menentukkan adanya infeksi virus yang aktif. Tes ini sangat sensitif bahkan hasilnya bisa saja positif saat Anda sudah sembuh, tapi hasil tes ini sangat akurat. 

Berbeda dengan itu, tes antigen adalah tes yang umumnya cepat dan murah tetapi seringkali kurang akurat. Hasil tes antigen bisa saja memberikan hasil negatif palsu, yang berarti tes ini lebih mungkin untuk melewatkan kasus infeksi aktif. Jurnal Nature menyebutkan, bahwa tes antigen menjadi tes yang paling banyak dipakai untuk tes Covid di bandara.

Apa itu PCR Swab test? Apa perbedaan PCR dan Swab test?

PCR swab test adalah salah satu jenis pemeriksaan infeksi virus corona pada tubuh. PCR (Polymerase Chain Reaction) adalah metode analisis untuk mengetahui adakah infeksi virus yang aktif di tubuh. 

Swab test (tes usap) sendiri adalah cara pengambilan sampelnya dengan cara mengambil jaringan (lendir) dari ujung hidung (orofaring) atau dari tenggorokan. Nantinya sampel tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk dianalisis dengan metode PCR tadi. 

Hasilnya bisa datang dalam hitungan menit, jam, hari tergantung pada apakah sampel tersebut dianalisis di tempat atau dikirim ke laboratorium luar. Tes ini merupakan tes paling sensitif dan akurat untuk mendeteksi keaktifan infeksi virus dalam tubuh.

Apakah PCR Swab test bisa dilakukan di rumah?

Mengutip dari Health dan Healthline, beberapa bulan terakhir, alat tes PCR Swab test di rumah telah tersedia. Hal ini memungkinkan orang untuk mengumpulkan sampel mereka sendiri (lendir atau ludah) dan membawanya ke laboratorium untuk dianalisis.

Alat tesnya pun mudah digunakan dan mungkin tidak terlalu mengintimidasi Anda dibandingkan melakukan tes usap panjang di tempat perawatan kesehatan. Lagi, satu penelitian kecil menunjukkan bahwa ketika orang diajari teknik yang tepat untuk mengumpulkan sampel mereka sendiri, pengujian mandiri memberikan hasil yang sama akuratnya dengan yang dilakukan oleh petugas kesehatan.

Tapi hal ini tentu dengan alat atau kit yang sudah sesuai dengan prosedur dan izin dari FDA atau Kementrian Kesehatan RI. Hal ini juga bukan membuat Anda untuk tidak berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. Jika gejala timbul dan hasil tes positif segera lapor kepada petugas kesehatan serta perangkat daerah setempat.

Lakukan karantina mandiri dan bila kondisi semakin memburuk segera hubungi satgas Covid setempat untuk dilakukan pemeriksaan atau jika diperlukan membawa Anda ke rumah sakit rujukan.

PCR Swab test adalah satu kesatuan dalam pemeriksaan infeksi virus yang aktif dalam tubuh. Perbedaan dari PCR dan swab test tersendiri adalah mengenai metode (PCR) dan cara pengambilan sampel (swab test). Tes Covid satu ini lebih sensitif dan akurat dalam mendeteksi virus aktif. Anda dapat melakukannya di rumah maupun di rumah sakit. 

Apabila Anda ingin melakukan PCR Swab test, Anda dapat memesannya langsung di website atau aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store dan dapatkan promo menariknya. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*