Apa Saja Cara Untuk Mengatasi Gigi Keropos?

  • June 9, 2021

Sejak kecil, Anda mungkin telah diajarkan orang tua untuk menggosok gigi secara rutin. Menggosok gigi setiap hari dapat melindungi gigi dari berbagai risiko seperti gigi keropos. Gigi keropos merupakan salah satu kondisi yang dialami penderita karena masalah pada enamel (lapisan paling luar gigi). Kondisi tersebut bisa semakin memburuk (jika tidak dirawat dengan baik) dan tidak dapat kembali seperti semula. Jika Anda mengalami gigi keropos, Anda bisa mempelajari cara mengatasi gigi keropos.

Penyebab gigi keropos adalah lapisan enamel gigi yang rusak atau menipis

Enamel Penting Untuk Dijaga

Enamel merupakan bagian ujung atas gigi yang memiliki cangkang yang keras. Cangkang tersebut memiliki kegunaan dalam melindungi gigi dari kebiasaan yang dilakukan manusia sehari-hari seperti menggigit dan mengunyah. Tidak hanya itu, enamel juga memiliki kegunaan dalam melindungi gigi manusia dari suhu dan bahan kimia yang dapat memperburuk kondisi gigi atau bagian tubuh lain.

Enamel menutupi mahkota gigi dimana bagian tersebut bisa dilihat di luar gusi. Enamel juga merupakan bagian gigi yang tembus pandang dimana cahaya dari bagian tersebut bisa dilihat dengan jelas. Meskipun dapat menunjukkan cahaya, warna gigi manusia ditentukan oleh dentin (lapisan tengah gigi). Tergantung dari apa yang dikonsumsi manusia, warna gigi bisa berubah menjadi warna lain (selain putih), yakni kuning atau coklat.

Risiko Pada Enamel

Jika enamel bermasalah, bagian tersebut dapat menimbulkan risiko berikut:

  • Kerusakan pada gigi

Kerusakan pada gigi seperti gigi keropos bisa terjadi karena berbagai faktor seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung asam tinggi. Jika tidak dirawat dengan baik, kondisinya bisa semakin buruk. Kondisi tersebut juga tidak dapat diperbaiki.

  • Gigi sensitif

Gigi sensitif bisa terjadi ketika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin. Hal tersebut terjadi karena kandungannya dapat menembus ke dalam enamel dan mencapai saraf gigi.

Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika Anda ingin mengkonsumsi sesuatu. Jika kondisi gigi Anda semakin parah, Anda sebaiknya hubungi dokter.

Faktor yang Dapat Menimbulkan Masalah Pada Enamel

Kondisi enamel bisa memburuk karena faktor berikut:

  • Kandungan asam

Kandungan asam yang tinggi, baik dari makanan maupun minuman, dapat meningkatkan risiko pada enamel.

  • Penyakit

Penyakit asam lambung (GERD) merupakan penyakit yang tidak hanya berisiko pada lambung, namun juga berisiko pada enamel.

  • Penggunaan obat

Obat antihistamin dan aspirin merupakan contoh obat yang dapat menimbulkan risiko pada enamel.

  • Faktor genetik

Masalah pada enamel juga bisa terjadi karena faktor genetik. Jika penderita telah mengalami kondisi tersebut, mereka bisa menurunkan kondisinya ke anak mereka.

  • Faktor lain

Faktor lain seperti kebiasaan menggesek gigi dapat meningkatkan risiko pada enamel.

Jika Kondisi Gigi Anda Memburuk

Jika kondisi gigi Anda memburuk, Anda sebaiknya hubungi dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda bisa mempersiapkan diri dengan beberapa hal di bawah:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke dokter.
  • Daftar gejala yang timbul.
  • Daftar riwayat medis dan obat yang digunakan (jika Anda memilikinya).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter perlu mengetahui kondisi Anda dengan mengajukan pertanyaan seperti:

  • Kapan gejala yang Anda alami terjadi?
  • Berapa lama kondisi tersebut terjadi?
  • Apakah Anda sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam tinggi?

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter akan melakukan diagnosis yang melibatkan tes pencitraan seperti X-ray.

Cara Mengatasi Gigi Keropos

Berikut adalah cara untuk mengatasi gigi keropos:

  • Rajin menggosok gigi (dua kali sehari).
  • Gunakan pasta gigi fluorida.
  • Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam secara berlebihan.

Kesimpulan

Enamel merupakan bagian penting yang perlu dijaga. Walaupun enamel merupakan bagian yang kuat (karena memiliki cangkang yang keras), bagian tersebut bisa rusak karena berbagai faktor seperti mengkonsumsi asam secara berlebihan. Jika enamel bermasalah, hal tersebut dapat menyebabkan gigi keropos. Oleh karena itu, cara mengatasi gigi keropos perlu dilakukan. Jika kondisi gigi Anda memburuk, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*