Cara Mencerahkan Wajah yang Bisa Dilakukan di Rumah

  • November 12, 2021

Paparan sinar matahari secara langsung, akan berdampak pada kulit khususnya kulit wajah yang tidak tertutupi apapun. Hal tersebut bisa membuat kulit wajah Anda terlihat lebih kusam, warna kulit tidak merata, dan munculnya tanda penuaan dini seperti bintik-bintik hitam. Itu semua tentu akan membuat kulit wajah akan terlihat lebih gelap. Ada beberapa cara mencerahkan wajah dengan membantu menyamarkan tanda penuaan dini, meratakan warna kulit serta menghilangkan kulit kusam.

Cara Mencerahkan Wajah Dengan Mudah

Kulit yang kusam akan membuat kulit wajah terlihat lebih gelap. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kulit wajah terlihat gelap karena kusam seperti:

  • Penumpukan sel kulit mati: Sel-sel kulit mati yang menumpuk akan membuat kulit terlihat kering dan kusam.
  • Tidak melakukan eksfoliasi: Eksfoliasi bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di pori-pori. Tidak atau jarang melakukannya, bukan hanya dapat membuat sel kulit mati menumpuk namun akan membuat menumpuknya kotoran dan debu di pori-pori yang bisa menyebabkan kulit kusam, berjerawat dan terlihat gelap.
  • Kurang tidur: Kurang beristirahat akan membuat kulit wajah Anda lelah, bahkan akan menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata.

Agar kulit kusam di wajah Anda tidak semakin parah, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara mencerahkan wajah di bawah ini.

rekomendasi serum untuk mencerahkan wajah
  1. Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari menjadi salah satu penyebab kulit kusam dan gelap. Itu karena sinar matahari menghasilkan sinar ultraviolet yang jika kulit terpapar terus menerus, akan membuat kulit wajah terbakar, merusak kolagen serta menimbulkan tanda penuaan.

Anda harus memilih menggunakan tabir surya yang mampu melindungi wajah dari sinar ultraviolet baik itu UVA maupun UVB. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap kali Anda beraktivitas di luar ruang.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Mengonsumsi cukup air putih setiap harinya bukan hanya bisa membuat Anda lebih sehat, namun juga bisa membuat kulit wajah lebih sehat dan bercahaya. Cukup minum air putih bisa menjaga kelembaban kulit sehingga mencegah kulit terlihat kusam dan kering. Jadi pastikan Anda minum air putih yang cukup setiap harinya minimal 8 gelas sehari.

  1. Lakukan Eksfoliasi

Sel-sel kulit mati yang menumpuk bisa membuat kulit wajah terlihat kusam dan gelap. Anda bisa melakukan eksfoliasi untuk membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Anda bisa menggunakan skincare dengan butiran scrub untuk melakukan eksfoliasi pada wajah. Atau Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan membuat campuran pasta dari soda kue, madu, lidah buaya, tea tree oil dan minyak vitamin E.

  1. Membersihkan Wajah

Kotoran dan debu yang menumpuk di pori-pori wajah bisa membuat kulit kusam dan berminyak, hasilnya kulit wajah akan terlihat lebih gelap. Membersihkan wajah setiap hari merupakan salah satu cara mencerahkan wajah dengan membantu mengangkat kotoran dan debu yang tersumbat di pori-pori.

Anda bisa membersihkan wajah dengan facial wash dua kali sehari, saat pagi hari dan sebelum tidur. Anda juga wajib membersihkan wajah dari noda makeup. Selain dengan facial wash, Anda juga bisa membersihkan wajah dengan micellar water atau cleansing oil.

  1. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Merokok dan mengonsumsi alkohol dapat berdampak terhadap kesehatan kulit. Kedua hal tersebut akan membuat kulit terlihat kusam dan kurang bercahaya sekaligus membuat tekstur kulit wajah Anda berubah.

Untuk itu, jalani gaya hidup sehat dengan berolahraga teratur serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan yang membantu menutrisi kulit Anda.

Selain menggunakan beberapa cara mencerahkan wajah seperti di atas, Anda juga bisa menggunakan rangkaian skincare seperti masker, krim malam, serum atau essence guna membuat kulit wajah Anda cerah lebih cepat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*