Cara Mengatasi Kenakalan Remaja dengan Pencegahan

Cara Mengatasi Kenakalan Remaja dengan Pencegahan

  • August 26, 2021

Kenakalan remaja merupakan masalah yang cukup pelik sehingga harus ada cara mengatasi supaya mereka tidak berbuat kriminal yang tidak hanya menyusahkan orang lain, tetapi juga keluarga mereka sendiri. Tidak sedikit orang tua yang merasa kewalahan dalam mencari cara mengatasi kenakalan remaja.

Remaja merupakan masa transisi dari anak-anak ke dewasa yang dalam masa transisi tersebut memerlukan pengakuan akan jati diri di depan khalayak.

Tidak masalah jika pembuktian eksistensi tersebut bersifat positif seperti berkompetisi dalam olahraga dan belajar.

Namun akan menjadi masalah jika pembuktian eksistensi tersebut mengarah pada tawuran atau mabuk-mabukkan, dan membegal kendaraan orang lain hanya untuk membeli obat-obatan terlarang dan game online.

Tentunya salah satu cara mengatasi permasalahan ini adalah melalui pencegahan. Namun sebelum ke pencegahan, tentunya harus diketahui penyebab mengapa para anak muda ini menjadi nakal.

Penyebab Kenakalan Remaja

Seperti dilansir dari Penal Reform International, penyebab kenakalan remaja adalah sebagai berikut:

Keluarga

Permasalahan yang terjadi dalam keluarga merupakan penyebab utama kenakalan remaja. Permasalahan itu bisa karena orang tua yang sering bertengkar dan bercerai atau orang tua yang jarang perhatikan anak sama sekali sehingga terabaikan.

Di saat seperti ini anak akan berusaha mencari perhatian lain namun dengan cara yang tidak lazim seperti tawuran, mabuk-mabukan, bahkan bertindak kriminal.

Kekerasan

Terjadinya kekerasan baik di dalam lingkungan keluarga maupun sekitar juga mempunyai andil yang cukup untuk menimbulkan kenakalan remaja.

Anak-anak yang mengalami trauma akibat kekerasan akan memiliki perasaan balas dendam yang dilampiaskan pada orang lain yang tidak tahu apa-apa.

Meniru

Anak akan meniru apa saja yang dilakukan oleh orang dewasa di sekitar mereka termasuk orang tua.

Karena di masa tumbuh-kembang anak akan merekam memori yang ada, baik atau buruk. Beruntunglah jika ia bisa mempunyai memori yang baik yang akan terus dapat memengaruhi masa tumbuh-kembangnya dengan baik sehingga ia akan berperilaku baik.

Namun jika memori buruk yang dimiliki dan mendominasi, ia akan terus berpegang pada memori buruk tersebut dan mengimitasinya untuk dijadikan pegangan.

Masalah psikologis

Masalah psikologis adalah hal-hal yang terjadi akibat permasalahan dalam keluarga karena finansial, orang tua yang tidak peduli, minder, kurang percaya diri.

Masalah-masalah psikologis tersebut akhirnya berujung pada depresi, ketakutan, stres, agresi yang memunculkan kenakalan remaja.

Pencegahan Sebagai Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

Untuk dapat mengatasi kenakalan remaja melalui pencegahan yang dirasa baik, berikut adalah caranya:

Edukasi

Pemberian edukasi merupakan hal yang cukup penting untuk mencegah kenakalan remaja. Tentunya harus ada peran aktif orang tua untuk memberikan edukasi yang baik dan bermanfaat.

Dalam hal ini orang tua dituntut memberikan edukasi seperti efek buruk mengonsumsi obat-obatan terlarang dan berperilaku seks bebas.

Edukasi yang baik akan mengarahkan remaja menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi keluarga dan lingkungan sekitar.

Rekreasi

Rekreasi di sini adalah mengarahkan para remaja untuk melakukan hal-hal yang positif sepulang sekolah.

Cara itu bisa diwujudkan dengan melakukan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau melakukan kursus untuk meningkatkan keterampilan.

Ajak terlibat dalam kegiatan sosial

Para remaja sebaiknya diajak berkontribusi dalam kegiatan sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Dengan begitu, mereka dapat menyalurkan energinya dengan cara yang lebih positif. Cara mengatasi kenakalan remaja yang satu ini perlu dukungan keluarga dan lingkungan.

Berbaur dengan masyarakat dapat membuat mereka peka sekaligus melatih cara hidup bersosialisasi serta berkomunikasi dengan orang-orang yang umurnya lebih tua di atas mereka.

Hilangkan Perisakan

Penyebab kenakalan remaja juga karena adanya perisakan atau intimidasi yang dilakukan oleh kelompok yang kuat terhadap yang lemah.

Hal ini jika dibiarkan akan berubah menjadi kejahatan untuk membalas dendam karena itu para pihak yang terkait harus segera membuat program antiperisakan sebagai salah tindakan preventif dan cara mengatasi kenakalan remaja melalui diskusi.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*