Cara Mengatasi Masuk Angin dan Perut Kembung dengan Mudah

  • November 12, 2021
Cap Kapak Minyak Angin 10 mL harga terbaik 14511

Apakah Anda pernah merasakan masuk angin? Masuk angin merupakan gangguan kesehatan umum yang kerap dirasakan oleh masyarakat. Masuk angin merupakan gejala awal masuknya virus ke tubuh. Seseorang yang mengalami masuk angin akan merasakan gejala tubuh tidak nyaman, seperti pusing, meriang, hingga perut kembung. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan minyak angin cap kapak

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masuk angin serta perut kembung yang membuat tubuh tidak nyaman.

1. Pastikan kebutuhan cairan tercukupi

Cara mengobati masuk angin yang pertama adalah dengan memperbanyak air putih atau cairan lainnya untuk mencegah dehidrasi. Pada saat masuk angin, tubuh dapat saja kekurangan cairan yang dilepas lewat suhu panas tubuh. Selain air putih, Anda juga bisa minum air jeruk, lemon, atau sup hangat untuk mencukupi kebutuhan cairan. Namun ingat, hindari minuman seperti teh, kopi, serta soda yang membuat tubuh semakin kekurangan cairan.

2. Konsumsi obat

Masuk angin juga dapat diatasi dengan minum obat. Obat yang bisa meredakan masuk angin antara lain parasetamol atau ibuprofen. Kedua jenis obat ini dapat mengurangi rasa nyeri serta demam akibat masuk angin. Jika ingin mencoba obat herbal, Anda juga bisa minum ramuan tradisional seperti jahe yang dicampur dengan antangin atau tolak angin.

3. Gunakan minyak gosok

Minyak gosok juga dapat menjadi solusi untuk meredakan gejala masuk angin. Caranya, oleskan minyak gosok seperti minyak kayu putih atau minyak cap kapak pada tubuh untuk membuat tubuh merasa hangat. Kehangatan minyak gosok dapat meredakan masuk angin, perut kembung, dan rasa tidak nyaman pada tubuh.

4. Istirahat cukup

Selanjutnya, meredakan masuk angin dapat dilakukan dengan istirahat cukup. Pada saat masuk angin, terdapat virus yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Virus dapat dilawan dengan cara beristirahat cukup agar tubuh memiliki daya tahan yang kuat. Tubuh membutuhkan waktu beristirahat supaya cepat sembuh. Anda bisa menambahkan waktu tidur siang dan tidur malam agar tubuh cepat pulih.

5. Makan makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi seperti buah, sayur, atau sup hangat juga mampu mengobati masuk angin dan perut kembung. Makanan yang bergizi dapat meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan penyakit. Tubuh pun akan kembali pulih dan segar dengan konsumsi makanan yang tepat.

6. Gunakan baju hangat

Masuk angin dan perut kembung juga bisa diatasi dengan menggunakan baju hangat atau selimut. Dengan menggunakan baju hangat, angin yang terjebak pada perut dapat dikeluarkan. Selain itu, pakaian hangat juga dapat mencegah imun tubuh semakin turun. Sebaliknya, tidak menggunakan baju hangat ketika masuk angin dapat membuat daya tahan tubuh semakin drop.

7. Menjaga kelembaban

Anda juga bisa mengobati masuk angin dengan menjaga kelembaban udara pada ruangan. Caranya adalah dengan menggunakan alat penguap. Tujuannya agar udara dalam ruangan dapat berganti dengan baik. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati masuk angin dan perut kembung. Gunakan minyak angin cap kapak untuk meredakan masuk angin dengan efektif. Minyak angin ini bisa dipakai untuk menghangatkan tubuh sekaligus membuat perut lebih nyaman. Namun jika cara-cara diatas sudah dilakukan dan kondisi tubuh tidak juga membaik, maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*