Gejala Perut Terasa Penuh dan Sesak

  • October 1, 2021

Pernahkah anda merasakan kalau perut terasa penuh dan sesak? Jika pernah mungkin saja itu terjadi karena anda tidak menjaga pola makan, seperti terlalu banyak makan makanan berlemak, minum minuman bersoda, atau bahkan bir. Selain itu, penyebab lain perut terasa penuh dan sesak adalah asam lambung naik, terlalu banyak menelan angin, dan efek sebelum atau saat haid. 

Sebetulnya, kondisi perut terasa penuh dan sesak ini dapat diketahui gejalanya. Kondisi perut yang membuat munculnya sensasi begah ini dapat terjadi karena gas di dalam perut. Nah, bagi orang yang mengalaminya, biasanya gejala yang dirasakan adalah rasa ingin sendawa. Namun, orang yang perutnya terasa penuh dan sesak, biasanya sendawa yang dilakukan itu sering. Kondisi itu terus terjadi lantaran seakan-akan baru akan berhenti kalau kelebihan gas yang di dalam perut sudah keluar semuanya. 

Perut begah akibat kekenyangan

Selain dari sendawa, gejala lain perut terasa penuh dan sesak adalah sering kentut. Adapun kentut bisa menjadi gejala sangatlah wajar. Hal tersebut karena fungsi kentut dengan sendawa sama, yaitu mengeluarkan gas yang ada di dalam perut. Sebagai informasi, saat kita kentut, angin yang keluar itu merupakan gas yang dihasilkan oleh sisa makanan yang tidak dicerna tubuh. 

Gejala selanjutnya adalah perut menjadi besar. Tentu itu masuk gejala karena perut terasa penuh dan sesak ini menandakan banyaknya gas di dalam tubuh, sehingga yang terjadi adalah perut menjadi membesar. Namun, anda tidak perlu khawatir. Sebab, perut akan kembali normal seiring keluarnya gas dari dalam perut. 

Lantas bagaimana mengatasi perut yang terasa penuh dan sesak ini? Lantaran perut terasa penuh dan sesak ini kerap terjadi karena gas dalam tubuh, maka cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan pola makan. Agar tidak terlalu banyak gas di dalam tubuh, anda disarankan untuk makan makanan berserat dan menjaga asupan air mineral yang cukup. 

Menjaga asupan air untuk tubuh disarankan karena jika kita kekurangan air, tubuh kesulitan mencerna makanan. Apabila itu terjadi, maka kotoran menjadi keras dan bisa menumpuk di dalam perut. Jika itu yang kemudian terjadi, maka perut juga bisa terasa penuh dan sesak. Di sisi lain, agar terhindar dari perut penuh dan sesak, anda disarankan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan hindari minum soda serta bir. 

Berikutnya, jika perut terasa penuh dan sesak akibat asam lambung, maka anda bisa mengonsumsi obat asam lambung itu sendiri. Sebab, sensasi perut penuh dan sesak bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan meredanya asam lambung. Untuk obat asam lambung ini sendiri ada yang medis, ada pula yang herbal atau alami. Namun, apa pun jenis yang dipilih, tetaplah konsumsi obat dengan aturan pakainya. 

Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan terkait gejala perut terasa penuh dan sesak. Apabila kita tengah mengalami gejalanya, maka disarankan agar tidak ditahan. Jika ingin sendawa atau kentut, keluarkan saja. Sebagaimana yang telah disampaikan, dua hal itu sebetulnya bagus untuk tubuh kita karena yang dikeluarkan adalah gas yang membuat perut terasa sesak. 

Di sisi lain, dengan pemaparan yang telah disampaikan, diharapkan kita bisa menjalankan tata cara pencegahan, seperti menjaga pola makan. Akhir kata, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mencari tahu gejala perut terasa penuh dan sesak. Tentu yang diharapkan adalah kita semua dalam kondisi sehat dan tidak mengalami kondisi tersebut karena perut yang terasa penuh dan sesak bisa mengganggu aktivitas.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*