Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Singlet Bayi

  • July 30, 2021

Singlet bayi berfungsi sebagai pakaian dalam untuk membuat tubuh bayi tetap hangat. Namun, belakangan ini singlet bayi juga berfungsi sebagai baju yang sejuk untuk dipakai dipakai sehari-hari. 

Singlet bayi harus nyaman dan mudah dikenakan

Dan berikut ini adalah hal-hal yang perlu diketahui dan dilakukan saat memilih singlet bayi yang dapat membantumu sebagai calon ibu atau sudah menjadi ibu yang tengah mempersiapkan pakaian bayi. Simak selengkapnya sebagai berikut:

  1. Pilih Bahan yang Lembut dan Menyerap Keringat

Karena singlet bayi dipakai sebagai dalaman, Kamu tentu harus mencari singlet bayi dengan bahan yang sejuk dan menyerap keringat. Jika bahan singlet panas dan gerah, bayi akan merasa tidak nyaman dan mungkin menjadi rewel. Selain itu, kulit bisa menjadi ruam, iritasi, atau gatal-gatal dan menimbulkan biang keringat.

Bahan katun dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk bahan singlet bayi. Namun, pastikan bahan tersebut tidak hanya sejuk, tetapi juga lembut di kulit bayi. Hal ini bertujuan agar kulit tidak iritasi saat bergesekan dengan bahan singlet.

  1. Tentukan Modelnya Berdasarkan Umur Bayi

Ada dua macam model singlet bayi, yakni jumper (sampai usia 6 bulan) dan kaus kutang atau sleeveless (untuk bayi usia 6 bulan ke atas). Kalau untuk model jumper untuk bayi baru lahir sampai usia 6 bulan, biasanya terdapat kancing di bagian selangkangan. Model ini tidak akan bergeser meski bayi bergerak ke segala arah. 

Perut bayi akan tetap aman saat tidur dan tetap hangat karena tertutupi singlet. Kancing di bagian selangkangan dibuat bertujuan agar Anda lebih mudah saat mengganti popok bayi. Hal ini penting karena memilih baju bayi tidak cukup hanya nyaman untuk dipakai oleh anak saja. 

Sementara untuk model sleeveless top untuk bayi usia 6 bulan ke atas, model ini merupakan model singlet bayi pada umumnya. Modelnya menyerupai kaos tanpa lengan dengan bahan yang cenderung lebih tipis dibanding kasus pada umumnya. 

  1. Sesuaikan Motif, Warna, dan Desain dengan Gender Bayi

Jika kamu pikir singlet bayi hanya monoton berwarna putih polos saja, kamu salah. Kini sudah ada begitu banyak motif, warna, dan desain singlet bayi yang bisa disesuaikan dengan gender bayimu. 

Jika bayimu perempuan, bisa memilih desain yang cute dan girly. Untuk warna, kamu bisa memilih warna-warna khas anak perempuan seperti pink atau kuning. Mungkin tidak banyak singlet bayi yang diciptakan bermotif, akan tetapi ada beberapa model dengan motif kupu-kupu, bunga, dan motif cute lainnya yang bisa kamu pilih.

Sementara untuk singlet bayi laki-laki, kamu bisa memilih warna seperti hijau dan biru. Motifnya pun bisa disesuaikan dengan karakter kesukaan mereka, misalnya mobil, dinosaurus, atau pesawat terbang.   

  1. Pilih Ukuran yang Longgar agar Bayi Tetap Bebas Bergerak

Bayi butuh pakaian yang membuat mereka nyaman, terutama saat mereka sudah mulai aktif bergerak. Begitu pula dengan pakaian dalam mereka. Untuk itu, carilah singlet bayi yang tidak terlalu ketat agar tidak membuat mereka sesak dan gerah.

Sebaiknya, kamu memilih singlet bayi yang sedikit longgar, tetapi tidak sampai terlalu kebesaran. Dengan demikian, kulit mereka bisa bernapas dan gerak mereka pun tidak terhambat.

Itu dia empat hal yang perlu diketahui lebih dulu sebelum membeli singlet bayi untuk si kecil. Mudah-mudahan tulisan ini memberi kesan dan wawasan yang baru bagi kalian, para orang tua, yang sedang mencari singlet bayi. Semoga bermanfaat, ya.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*