Hemodialisa Bisa Anda Lakukan Di Lab Prodia Bandung

  • September 24, 2021

Salah satu layanan yang bisa dilakukan di Lab Prodia Bandung adalah cuci darah atau yang secara medis sering disebut dengan hemodialisis. Cuci darah ini merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk menggantikan fungsi ginjal karena sudah tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada organ tersebut. Tidak hanya untuk mengembalikan fungsi ginjal, tetapi cuci darah juga dapat membantu mengontrol tekanan darah dan menyeimbangkan kadar mineral di dalam tubuh.

Jika Anda memiliki gangguan kesehatan pada organ ginjal, sebelum melakukan hemodialisis atau cuci darah bisa memeriksa kondisi Anda di Lab Prodia Bandung ini yang terletak pada Jalan Moh. Toha No 126, Pelindung Hewan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung. Laboratorium di sini termasuk dalam salah satu yang terlengkap. 

Ada beberapa hal yang harus Anda persipakan jika ingin melakukan tindakan medis hemodialisis atau cuci darah. Salah satunya adalah Anda perlu dibuatkan akses pembuluh darah agar memudahkan proses tindakan dan ini sudah dilakukan beberapa minggu sebelum tindakan dilakukan. Ada tiga jenis akses pembuluh darah yang dibuat agar tindakan cuci darah ini berjalan lancar.

  1. Fistula arteri-vena (cimino)

Jenis fistula arteri – vena cimino merupakan saluran buatan yang berfungsi untuk menghubungkan arteru dan vena. Akses pembuluh darah ini memiliki keamanan dan efektivitas yang lebih baik dibandingkan jenis akses lain sehingga akses fistula arteri vena ini yang paling sering disarankan oleh dokter.

  1. Cangkok arteri-vena

Akses berikutnya adalah dengan melakukan cangkok arteri – vena. Metode ini dilakukan dengan cara menyambungkan arteri dan vena. Penyambungan ini dilakukan dengan menambahkan selang sintesis yang fleksibel. Akses ini dilakukan bagi Anda yang memiliki pembuluh darah kecil sehingga sulit untuk dibentuk ases fistula arteri – vena.

  1. Kateter

Akses pembuluh darah ini merupakan pilihan terakhir yang hanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu. Ada dua jenis kateter yang biasanya digunakan sebagai akses pembuluh darah, yaitu

  • Kateter non – cuffed

Akses ini dibuat khusus bagi Anda yang membutuhkan tindakan cuci darah dalam keadaa yang sudah darurat. Tindakan ini dibuat dengan cara memasukkan kateter ke dalam vena besar di leher atau pada lipat paha yang dilakukan oleh dokter. Biasanya akses kateter non cuffed ini hanya dilakukan kurang dari 3 minggu. Setelahnya akan diangkat jika sudah tidak memerlukan tindakan cuci darah atau digantikan dengan akses permanen seperti cimino jika masih memerlukan cuci darah.

  • Kateter cuffed (tunnelling)

Metode kateter cuffed ini dilakukan dengan meletakkan kateter di bawah kulit kemudian dihubungkan ke vena besar. Hal ini dilakukan apabila cimino atau cangkok arteri vena belum bisa digunakan atau pun tidak dapat dilakukan. Kateter cuffed atau tunnelling ini dapat bertahan hingga lebih dari 3 minggu.

Dokter akan melakukan pemantauan terhadap kondisi Anda sejak sebelum, semasa bahkan sampai sesudah melakukan cuci darah. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa zat sisa metabolisme dan cairan berlebih dapat terbuang dengan baik. Dokter akan melakukan beberapa tes berikut ini setidaknya satu bulan sekali untuk memastikan kondisi Anda.

  • Tes rasio reduksi urea dan total bersihan urea yang dilakukan dengan cara pemeriksaan darah
  • Tes untuk mengukur aliran darah dari akses
  • Tes menghitung sel darah dan zat kimia dalam darah

Tingkat keparahan dari gagal ginjal yang dialami akan menentukan seberapa lama proses Anda menjalani hemodialisis atau cuci darah yang dilakukan. Anda bisa berhenti melakukan proses ini apabila ginjal sudah dapat menjalankan fungsinya kembali dengan baik.

Biasanya setelah melakukan cuci darah dan jika tidak terjadi efek yang seris, Anda bisa langsung diperbolehkan untuk pulang. Meski begitu, Anda tetap harus menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makan yang sehat. Jika Anda ingin melakukan tindakan ini di Lab Prodia Bandung bisa melakukan jadwal pemeriksaan melalui SehatQ atau pun website Prodia.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*