enatin

Kegunaan Obat Enatin Kapsul dan Cara Pemakaiannya

  • June 4, 2021

Enatin kapsul merupakan obat herbal yang dibuat dari berbagai minyak nabati, seperti minyak rami, minyak juniper, minyak pepermint, untuk meluruhkan batu oksalat di ginjal dan saluran kemih. 

Batu ginjal terbentuk dengan beberapa cara, misalnya kalsium yang bercampur dengan bahan kimia seperti oksalat atau fosfor dalam urin dan mengeras menjadi batu. Batu ginjal juga bisa disebabkan oleh penumpukan asam urat. 

Dua jenis batu ginjal lainnya yaitu struvite dan sistin. Struvit terbentuk setelah terjadinya infeksi pada saluran kemih, sementara itu batu sistin jarang ditemukan dan biasanya berasal dari riwayat keluarga. 

Karena saluran kemih tidak dirancang untuk mengeluarkan zat padat, batu yang terbentuk akan terganjal dan terasa sakit saat dikeluarkan. 

Kegunaan obat Enatin

Enatin kapsul diformulasikan dari minyak berbagai tumbuhan pilihan yang berfungsi meluruhkan batu oksalat secara maksimal, yang biasanya terbentuk akibat kurang minum dan terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi oksalat, garam, dan protein hewani. 

Batu ginjal dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah sampai ke pinggung dan paha atas, nyeri saat buang air kecil, hingga mual dan muntah. Enatin kapsul juga dapat meredakan peradangan akibat batu ginjal sehingga gejala seperti nyeri agak berkurang. 

Dosis dan aturan pakai

Enatin merupakan obat bebas yang bisa dikonsumsi tanpa resep dokter. Dosis penggunaannya adalah 2 kapsul, tiga hingga empat kali sehari. Sebaiknya diminum 1 jam sebelum makan dan seimbangkan dengan meminum banyak air putih. 

Ibu hamil dan menyusui harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, dan tidak dianjurkan bagi pasien dengan infeksi ginjal dan hipersensitif terhadap komponen obat. 

Walaupun Enatin tergolong obat herbal, jangan menggunakan obat ini selama lebih dari 6 minggu. Jika kondisi tidak kunjung membaik, segeralah hubungi dokter. 

Tips selama menjalani perawatan batu ginjal

Selain mengonsumsi suplemen dan memperbanyak minum air putih, penting juga untuk mengetahui apa yang boleh dimakan dan pantangannya. 

Berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti.

  • Perbanyak minum air putih

Cairan, terutama air putih, membantu melarutkan bahan kimia pembentuk batu ginjal. Usahakan minum minimal 12 gelas sehari. Urin berwarna kuning tua merupakan pertanda Anda kurang minum.

Selain air putih, Anda juga bisa minum jahe atau jus buah, tapi tetap lebih baik meminum lebih banyak air putih. 

  • Jeruk

Buah jeruk dan jusnya dapat membantu mengurangi atau mencegah pembentukan batu ginjal karena sitrat yang terbentuk secara alami. 

  • Tingkatkan asupan kalsium dan vitamin D

Tingkat asupan kalsium yang rendah bisa meningkatkan kadar oksalat. Sebaiknya tingkatkan kadar kalsium dari makanan daripada suplemen. Sumber kalsium yang baik antara lain susu, yogurt, keju, kacang-kacangan, sayuran hijau tua, dan susu kedelai yang diperkaya. 

Pastikan juga untuk makan makanan kaya vitamin D setiap hari. Vitamin D membantu penyerapan kalsium. Vitamin D banyak ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon, kuning telur, dan keju. 

  • Batasi minuman berkafein

Kopi, teh, dan cola adalah beberapa contoh minuman berkafein. Kafein dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih cepat sehingga Anda dehidrasi. 

Kekurangan cairan merupakan salah satu faktor risiko batu ginjal. Selain itu, cola juga mengandung fosfat tinggi, bahan kimia pembentuk batu ginjal. Batasi minum minuman berkafein 1 atau 2 cangkir (250-500 ml) sehari.

  • Batasi garam dan gula berlebih

Garam dan gula tambahan, seperti fruktosa dan sukrosa, dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Kadar natrium yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan penumpukan kalsium dalam urin. 

  • Kurangi asupan protein hewani

Beberapa sumber protein hewani seperti daging merah, unggas, ikan, dan telur dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh dan mengurangi sitrat yang berfungsi mencegah pembentukan batu ginjal. 

Anda bisa mengimbanginya dengan protein nabati termasuk quinoa, tahu, biji chia, dan yogurt Yunani.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*