Ketahui Bagaimana Cara Mengatasi Mata Kering 

  • November 26, 2021
Mata kering dapat menyebabkan mata merah dan berisiko terkena infeksi

Mata kering adalah kekurangan pelumasan dan kelembapan yang kronis pada permukaan mata. Lapisan  pada area yang menghasilkan air mata dengan kondisi yang baik berada di permukaan mata bisa membuat mata tetap sehat dan membuat mata dapat melihat dengan baik.

Air mata berfungsi untuk melembabkan serta membersihkan mata dari debu, kotoran, serta mikroorganisme yang bisa membuat rusak kornea dan membuat infeksi mata. 

Setiap komponen air mata memiliki tujuan penting. Seperti misalnya, lipid air mata bisa menolong agar menjaga air mata tidak menguap dengan cepat serta meningkatkan pelumasannya. Musin membantu menambatkan dan menyebarkan air mata ke seluruh permukaan mata.

Hasil dari mata kering berkisar dari iritasi mata yang halus namun konstan hingga peradangan yang signifikan. Bahkan dapat menyebabkan jaringan parut pada permukaan depan mata.

Selain disebut sindrom mata kering, penyakit mata kering atau hanya “mata kering”, istilah medis alternatif yang digunakan untuk menggambarkan mata kering meliputi:

  • Keratitis sika. Umumnya digunakan untuk menggambarkan kekeringan dan peradangan pada kornea.
  • Keratokonjungtivitis sicca. Digunakan untuk menggambarkan mata kering yang mempengaruhi baik kornea dan konjungtiva.

Sindrom air mata disfungsional. Digunakan untuk menekankan bahwa kualitas air mata yang buruk bisa sama pentingnya dengan kuantitas yang rendah. Seperti dibawah ini yaitu cara mengatasi mata kering.

Tanda dan Gejala Mata Kering

Mata kering dapat menyebabkan berbagai masalah pada mata. Gejala mata kering yang umum meliputi:

  • Menyengat, terbakar, atau gatal
  • Nyeri atau kemerahan
  • Terasa berpasir
  • Keluarnya lendir (lendir)
  • Periode mata berair diikuti oleh mata kering
  • Ketidakmampuan untuk menangis
  • Penglihatan kabur sementara atau kelelahan mata
  • Kepekaan terhadap cahaya
  • Kelopak mata berat
  • Kesulitan memakai lensa kontak
  • Kelelahan mata karena membaca atau penggunaan komputer

Bagaimana Mata Kering Didiagnosis?

Dokter mata Anda akan memulai dengan pemeriksaan mata. Dia akan melihat kelopak mata dan permukaan mata Anda. Mereka juga akan memeriksa bagaimana Anda berkedip.

Ada banyak tes berbeda yang membantu mendiagnosis mata kering. Dokter mata Anda mungkin melakukan tes yang mengukur kualitas atau ketebalan air mata Anda. Ia juga dapat mengukur seberapa cepat Anda mengeluarkan air mata.

Apakah Mata Kering Bisa Hilang?

Cara mengatasi mata kering. Dokter mata Anda mungkin meminta Anda untuk menggunakan air mata buatan. Ini adalah tetes mata yang seperti air mata Anda sendiri. Anda dapat menggunakan air mata buatan sesering yang Anda butuhkan. Anda dapat membeli air mata buatan tanpa resep dokter. Ada banyak merek. Cobalah beberapa sampai Anda menemukan merek yang paling cocok untuk Anda.

Jika Anda menggunakan air mata buatan lebih dari enam kali sehari atau alergi terhadap pengawet, sebaiknya gunakan air mata yang bebas pengawet. Ini karena jika air mata dengan pengawet banyak digunakan, bahan kimia ini mungkin mulai mengiritasi mata Anda.

Perawatan dan pencegahan mata kering

Sindrom mata kering adalah kondisi kronis dan biasanya progresif. Tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya, itu mungkin tidak sepenuhnya dapat disembuhkan.

Tetapi dalam kebanyakan kasus, mata kering dapat dikelola dengan sukses. Perawatan biasanya menghasilkan kenyamanan yang lebih besar, gejala mata kering yang lebih sedikit dan, terkadang, penglihatan yang lebih tajam.

Penyakit mata kering dapat memiliki sejumlah penyebab, dan berbagai perawatan digunakan.

Beberapa dokter mata dan dokter mata mungkin meminta Anda mengisi kuesioner tentang gejala Anda sebelum memulai perawatan mata kering. Jawaban Anda atas survei ini kemudian digunakan sebagai dasar, dan kuesioner dapat diberikan lagi setelah beberapa minggu pengobatan untuk mengevaluasi efektivitas pengobatan.

Perawatan mata kering yang berhasil membutuhkan kesediaan Anda untuk mengikuti rekomendasi dokter mata Anda dan bahwa Anda menggunakan produk yang direkomendasikan secara konsisten.

Berikut ini adalah daftar pengobatan mata kering yang biasa digunakan oleh dokter mata untuk mengurangi tanda dan gejala mata kering. Dokter mata Anda mungkin hanya merekomendasikan salah satu dari perawatan mata kering ini atau kombinasi perawatan, tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisi Anda.

Pertimbangan perawatan mata kering lainnya

Selain perawatan mata kering yang tercantum di atas, dokter mata Anda dapat merekomendasikan satu atau lebih tindakan berikut jika salah satu kondisi di bawah ini berlaku untuk Anda:

Penyesuaian obat. Banyak obat – termasuk antihistamin, antidepresan, pil KB, obat tekanan darah tertentu dan banyak lagi – dapat menyebabkan atau memperburuk gejala mata kering. Bahkan obat yang dijual bebas (tanpa resep) untuk alergi dan kondisi lain dapat menyebabkan mata kering. Pastikan untuk mendiskusikan semua obat yang Anda pakai dengan dokter Anda jika Anda mengalami masalah mata kering. Namun, jangan pernah menghentikan obat resep tanpa terlebih dahulu mendiskusikannya dengan dokter Anda.

Mengobati kondisi kelopak mata. Jika Anda memiliki blepharitis, disfungsi kelenjar meibom atau kondisi kelopak mata lainnya, ini sering dikaitkan dengan penyakit mata kering dan harus ditangani sebagai bagian dari rejimen perawatan mata kering Anda secara keseluruhan. Misalnya, jika Anda menderita blepharitis, dokter mata Anda mungkin merekomendasikan penggunaan salep antibiotik dan/atau steroid atau obat tetes mata selain pembersihan kelopak mata setiap hari dengan sampo yang tidak menyebabkan iritasi.

Menghentikan atau mengurangi keausan lensa kontak. Jika Anda memakai lensa kontak, mungkin sulit untuk mengetahui apakah kondisi mata kering yang mendasari menyebabkan ketidaknyamanan lensa kontak atau apakah lensa kontak Anda menyebabkan gejala mata kering. Jika Anda memakai lensa kontak, sebaiknya hentikan pemakaiannya (atau mungkin beralih ke lensa kontak sekali pakai setiap hari) saat perawatan mata kering Anda sedang berlangsung. Itulah beberapa cara mengatasi mata kering yang dapat Anda lakukan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*