Konsumsi Nifural Saat Diare, Ini Dia Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

  • November 2, 2021

Nifural merupakan golongan obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati penyakit diare, baik penyakit diare ringan maupun sakit diare kronis. Sakit diare ini biasanya disebabkan karena terjadinya infeksi pada saluran pencernaan oleh bakteri usus Escherichia Coli atau Staphylococcus. 

Penyakit diare menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan yang mengakibatkan pengeluaran cairan secara berlebihan melalui saluran cerna. Hal ini akan membuat orang yang menderitanya akan merasakan perut mulas dan terkadang disertai dengan muntah, durasi buang air besar yang meningkat daripada biasanya dengan tinja yang berbentuk cair hingga berefek dehidrasi, lemas, pusing dan dan perasaan kurang enak badan lainnya. Diare yang berlangsung terlalu lama dapat mengakibatkan radang di usus. Selain itu, dehidrasi yang berlebihan dan terlalu berat juga dapat membahayakan nyawa anda.

Untuk itu Anda perlu mewaspadai dan mengontrol penyakit diare ini, terutama jika diare terjadi pada anak atau balita. Anak dan balita tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat sembarangan. Pastikan bahwa obat tersebut aman untuk dikonsumsi atau digunakan pada anak.

Nifural Sebagai Obat Diare

Nifural mengandung zat nifuroxazide yang terbukti aman untuk dikonsumsi oleh dewasa dan anak. Meskipun demikian, Anda harus memastikan bahwa cara mengonsumsi obat ini telah mengikuti resep dokter atau anjuran yang telah dianjurkan pada deskripsi penggunaan obat. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Selain memperhatikan dosis, Anda juga harus memperhatikan hal-hal lain seperti alergi obat, interaksi obat atau ada tidaknya penyakit penyerta lainnya yang dapat menyebabkan komplikasi.

Manfaat Nifural

Nifural diklaim mampu mengatasi penyakit diare pada anak dan orang dewasa. Berikut ini beberapa manfaat Nifural yang perlu Anda tahu. 

1. Meredakan Diare Akut

Manfaat Nifural yang pertama adalah berperan aktif dalam meredakan dan mengobati berbagai jenis penyakit diare yang dialami baik oleh anak maupun oleh orang dewasa. Diare merupakan penyakit pada saluran cerna yang membuat pencernaan tidak berjalan sebagaimana normalnya. Ada berbagai jenis diare yang dibedakan dari penyebab dan efeknya. Nifural terbukti mampu mengatasi berbagai keluhan diare tersebut.

2. Berperan sebagai Antibiotik

Nifural merupakan golongan antibiotik yang masuk kedalam kategori Nitrofuran. Antibiotik memiliki efek yang berperan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli atau Staphylococcus. Karena Nifural merupakan golongan antibiotik, Anda tidak dapat mengkonsumsinya secara sembarangan agar tidak terjadi resistensi dari bakteri di kemudian hari.

3. Mengatasi Kolopati Spesifik dan Tidak Spesifik

Manfaat Nifural lainnya adalah untuk mengatasi kolopati spesifik dan tidak spesifik. Kolopati adalah gangguan infeksi yang terjadi pada lapisan dalam kulit kolon atau usus besar. Gangguan atau infeksi pada kolon ini akan mengakibatkan gangguan pencernaan dan gangguan penyerapan sari pati makanan ke dalam tubuh hingga dapat mengakibatkan kanker kolon. Untuk itu selalu antisipasi gangguan infeksi pada kolon dan redakan dengan menggunakan Nifural.

Itulah beberapa manfaat dari Nifural yang perlu Anda tahu. Apabila Anda mengalami diare, Anda dapat mengonsumsi obat ini sesuai dengan saran dan petunjuk dokter. Karena tergolong antibiotik, Nifural tidak dapat dibeli secara bebas di apotek, Anda harus memiliki resep dokter untuk menebusnya. Jika setelah mengonsumsi Nifural gejala diare tetap berlangsung atau menimbulkan efek samping lainnya yang berkelanjutan, segera hubungi dokter.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*