Operasi Katarak Femtosecond Cataract Surgery di SMEC Medan

  • November 25, 2021

SMEC Medan menjadi salah satu klinik spesialis mata yang memiliki program operasi katarak Femtosecond Cataract Surgery.

Femtosecond Cataract Surgery atau sering juga disingkat FCS adalah salah satu prosedur operasi katarak terbaru dengan teknologi termutakhir.

Femtosecond Cataract Surgery dianggap jadi salah satu operasi yang paling aman bagi pasien karena tanpa pembedahan, proses operasi hanya dilakukan dengan sinar laser. 

Seperti apa sebenarnya Femtosecond Cataract Surgery? Mari sama-sama kita simak!

Apa itu Femtosecond Cataract Surgery?

Femtosecond Cataract Surgery (FLACS) merupakan operasi katarak terbaru, bila kebanyakan operasi membutuhkan pembedahan dengan Femtosecond Cataract Surgery hanya menggunakan laser dengan kata lain tidak ada pembedahan.

Tentunya prosedur operasi ini hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis mata. Bantuan laser membuat bedah katarak lebih akurat dan waktu pemulihan juga berlangsung lebih cepat.

Kenapa harus melakukan operasi?

Biasanya operasi untuk katarak dilakukan dengan membuat sayatan pada kornea, lalu dokter akan melunakan lensa yang mengalami katarak, lensa lalu dikeluarkan dan diganti dengan lensa baru, prosedur ini disebut phacoemulsification.

Nah, sedangkan dalam femtosecond laser assisted cataract surgery, beberapa prosedur yang tadinya membutuhkan pisau bedah bisa dilakukan dengan teknik laser. Dengan teknik laser inilah proses pengangkatan katarak dapat lebih akurat dan mudah.

Selain dapat mengangkat katarak, metode operasi laser juga dapat digunakan untuk mengobati astigmatisme atau mata silinder ringan dengan lebih akurat juga. Penglihatan juga bisa lebih baik setelah operasi.

Siapa yang membutuhkan Femtosecond Cataract Surgery?

Ada kriteria tertentu bagi pasien katarak yang ingin menjalani operasi femtosecond laser assisted cataract surgery, berikut ini beberapa kriterianya:

  • Pupil mata mampu melebar dengan baik.
  • Tidak memiliki penyakit kornea yang dapat menimbulkan bekas luka atau merusak bentuk kornea.

Persiapan sebelum operasi

Sebelum operasi Femtosecond Cataract Surgery ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan sebagai pasien. Simak baik-baik persiapannya berikut ini.

1. Konsultasi mengenai obat

Sebelum memulai prosedur operasi, dokter akan menanyakan terlebih dahulu kepada kamu, apakah ada obat tertentu yang sedang kamu konsumsi.

Biasanya dokter akan meminta kamu untuk menghentikan konsumsi obat-obatan tertentu yang dapat meningkatkan perdarahan selama operasi.

2. Penggunaan obat tetes mata

Pada 1 atau 2 hari sebelum prosedur operasi, dokter akan memberikan obat tetes mata antibiotik.

Obat ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi dan mengurangi pembekakan selama atau setelah operasi.

3. Puasa

Kamu akan diminta untuk puasa tidak makan dan minum selama 12 jam sebelum operasi dimulai.

4. Pemetaan permukaan mata oleh dokter

Dokter akan memetakan permukaan mata dengan kamera atau USG khusus. Ala ini akan mengumpulkan informasi terkait lokasi, ukuran, dan kedalam lensa yang mengalami katarak.

Semua informasi ini akan dikirim ke komputer yang akan melakukan pemrograman laser. Inilah yang membantu dalam melakukan FLACS lebih akurat dibanding metode lainnya.

Prosedur operasi

Setelah semua tahap awal operasi selesai dilakukan, berikut ini tahapan operasi Femtosecond Cataract Surgery. 

  • Dokter akan memberikan bius lokal pada mata. Bius bisa berupa obat tetes atau suntikan di sekitar mata. Selain itu, untuk membuat pasien tenang dokter juga akan memberikan obat sedatif.
  • Lalu dokter akan menggunakan laser untuk membuat bukaan pada dinding luar untuk mencapai lensa yang terkena katarak.
  • Lensa yang mengalami katarak lalu dikeluarkan lalu lensa baru dipasang.
  • Untuk melindungi mata, pelindung akan dipasang.

Biasanya prosedur ini hanya berlangsung 10-15 per mata. Jadi tidak memakan banyak waktu.

Itulah hal yang perlu kamu ketahui tentang operasi Femtosecond Cataract Surgery yang ada di SMEC Medan. Bila kamu mempunyai keluhan mata, jangan ragu lagi untuk langsung saja datang ke SMEC Medan. Waktu operasional SMEC Medan dari hari Senin hingga Minggu.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*