Paramex Nyeri Otot Atasi Sakit Setelah Olahraga

  • September 30, 2021

Paramex nyeri otot adalah salah satu obat untuk meredakan ketegangan setelah berolahraga. Sakit otot biasanya mulai dirasakan satu hingga dua hari setelah latihan intensif atau latihan keras. Hal ini sebenarnya normal, terutama jika Anda meningkatkan intensitas latihan atau memulai olahraga atau latihan baru. Nyeri otot yang tertunda disebabkan oleh cedera kecil pada serat otot dan jaringan ikat.

Kondisi ini, yang dikenal sebagai nyeri otot onset tertunda (DOMS), adalah umum. Jika Anda belum pernah berolahraga untuk sementara waktu atau jika memulai aktivitas fisik baru, Anda kemungkinan akan mengalami nyeri otot setelah berolahraga. Tubuh hanya memerlukan adaptasi untuk otot kembali pulih. Kabar baiknya adalah begitu tubuh Anda terbiasa dengan olahraga baru tersebut, Anda tidak akan lagi mengalami nyeri otot di bagian tubuh yang sama.

Berapa lama nyeri otot berlangsung?

Otot-otot sakit yang terjadi setelah latihan keras biasanya akan mereda setelah 24 hingga 48 jam istirahat. Tetapi jika nyeri otot tidak hilang setelah beberapa hari istirahat atau bahkan menjadi lebih intens, hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami cedera otot yang serius.

Mengalami nyeri otot yang parah selama berolahraga juga bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami ketegangan otot atau cedera otot. Jika nyeri otot disertai dengan kesulitan bernapas, demam tinggi, kelemahan otot dan leher kaku, sebaiknya segera kunjungi dokter.

Tips meredakan nyeri otot

1. Gunakan kompres es

Jika Anda mengalami cedera akut, atau jika seseorang melihat pembengkakan otot atau area sendi dan terasa hangat, cobalah untuk bungkus dan kompres es dengan handuk tipis, letakkan di otot yang sakit selama 15 menit. Jika tidak ada pembengkakan dan otot hanya nyeri akibat latihan, oleskan minyak panas selama 15 menit untuk meningkatkan sirkulasi darah.

2. Pijat

Pijat titik pemicu akan membantu mengendurkan otot-otot yang sangat tegang dan meredakan nyeri otot. Anda juga dapat meregangkan otot selama sekitar 10 menit setelah latihan keras untuk mencegah nyeri otot. Sebelum berolahraga, ingatlah untuk menghangatkan tubuh dengan gerakan sederhana seperti mengayunkan lengan atau mulai berjalan perlahan dan bertahap menambah kecepatan.

3. Lakukan olahraga ringan 

Jangan berhenti berolahraga sepenuhnya. Fakta bahwa mengalami nyeri otot setelah berolahraga adalah tanda bahwa otot telah meregang dan perlahan-lahan menjadi lebih kuat. Dengan menggunakan otot Anda dalam aktivitas ringan, Anda dapat mempercepat penghapusan penumpukan asam laktat.

4. Bangun latihan eksentrik secara perlahan

Nyeri otot bisa terjadi apabila otot bekerja secara eksentrik. Kontraksi eksentrik terjadi karena otot memanjang di bawah tekanan seperti gerakan bicep curl atau latihan yang banyak menekan bagian otot. Berjalan atau berlari menuruni bukit juga merupakan salah satu contoh dari latihan eksentrik. Semua kegiatan ini bagus, namun harus dilakukan dalam tingkat awal, sedang dan tinggi.

5. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat mengendurkan otot-otot yang tegang dan meningkatkan sirkulasi darah. Anda juga dapat menggunakan obat gosok, minyak, obat Paramex nyeri otot dan krim olahraga lainnya yang dijual bebas. Obat ini sangat bagus untuk membuat kulit terasa dingin atau panas. Obat tersebut dapat mengalihkan pikiran Anda dari rasa sakit. Konsumsi obat Paramex nyeri otot sebagai pelengkap, supaya otot menjadi rileks dan mudah kembali pulih.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*