Pengobatan Diabetes Berdasarkan Jenisnya

Pengobatan Diabetes Berdasarkan Jenisnya

  • October 14, 2021

Insulin atau obat diabetes lainnya sering digunakan dalam pengobatan diabetes. Seiring dengan pilihan makanan sehat dan aktivitas fisik, obat-obatan ini dapat membantu Anda mengelola kadar gula darah dan menghindari risiko penyakit kronis yang disebabkan oleh diabetes. Ada beberapa pengobatan diabetes yang dapat dilakukan dalam dunia medis. Tentu pengobatan diabetes ini perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Obat apa yang mungkin saya minum untuk diabetes?

Obat yang Anda minum akan bervariasi menurut jenis diabetes yang Anda alami. Oleh karena itu, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan tes kadar gula darah untuk mendiagnosis penyebab diabetes yang Anda alami.

1. Diabetes tipe 1

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, Anda harus mengonsumsi insulin karena tubuh Anda tidak dapat memproduksi hormon insulin yang cukup, atau bahkan tidak memproduksi sama sekali insulin. Insulin adalah hormon yang berguna untuk mengubah gula (glukosa) menjadi energi dan menyalurkannya ke seluruh sel-sel tubuh Anda. Kadar insulin yang rendah atau tidak ada sama sekali dapat meningkatkan glukosa dalam darah Anda dan menumpuk. Selain itu, sel-sel tubuh juga tidak mendapatkan asupan energi untuk bekerja dengan baik. 

Diabetes tipe 1 biasanya disebabkan oleh gangguan sistem imun tubuh, sehingga memengaruhi kerja pankreas. Selain itu, riwayat penyakit yang diderita keluarga (genetik) juga menjadi faktor penyumbang risiko diabetes tipe 1. 

Untuk memenuhi kebutuhan insulin, Anda mungkin akan mengonsumsi obat-obatan oral maupun suntik dan pompa untuk bertahan hidup. Selain itu, Anda perlu memeriksa kadar gula darah setiap saat. Anda dapat menggunakan alat CGM untuk memantau kadar gula darah dan memastikan dalam kadar yang normal. Oleh karena penyakit ini tidak dapat disembuhkan, maka penderita diabetes harus mengonsumsi obat setiap hari. 

2. Diabetes tipe 2

Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada orang dewasa. Umumnya penyakit ini disebabkan oleh makanan yang tidak sehat dan aktivitas yang kurang (gaya hidup tidak sehat). Pada penderita diabetes 2, pankreas dapat memproduksi insulin namun beberapa faktor menyebabkan insulin ini tidak dapat bekerja dengan maksimal. 

Banyak orang dengan diabetes tipe 2 membutuhkan obat diabetes juga untuk mengontrol gula darah. Obat-obatan ini mungkin termasuk pil diabetes. Pada waktunya, Anda mungkin perlu mengonsumsi lebih dari 1 jenis obat diabetes untuk mengontrol glukosa darah Anda. Obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengendalikan kadar gula agar tidak melonjak secara drastis seperti SGLT2, GLP-1, Metformin, Meglitinides, Sulfonylureas, dan injeksi insulin. Sementara itu, pada penderita diabetes tipe 2 yang sedang hamil, umumnya dokter akan memberikan obat penurun kolesterol, hipertensi, dan aspirin dalam dosis tertentu agar tidak membahayakan janin.

3. Diabetes gestasional

Jika Anda menderita diabetes gestasional, Anda harus terlebih dahulu mencoba mengontrol kadar glukosa darah, menerapkan gaya hidup yang sehat, dan melakukan berolahraga secara teratur. Jika Anda tidak dapat mencapai target glukosa darah normal, dokter mungkin akan memberikan obat diabetes, seperti insulin atau pil diabetes metformin, yang mungkin aman untuk Anda konsumsi selama kehamilan. Selain itu, dokter Anda mungkin akan segera memberi Anda obat diabetes jika glukosa darah Anda sangat tinggi.

Efek Samping Obat Diabetes

Minum obat diabetes Anda seperti yang telah diinstruksikan oleh dokter dapat membantu mencegah efek samping dan masalah diabetes. Namun, sama seperti obat-obatan lainnya, obat diabetes bisa saja memiliki efek samping tertentu, tergantung merek dan jenis obatnya. Tanyakan kepada dokter Anda apakah pengobatan diabetes yang Anda konsumsi dapat menyebabkan hipoglikemia atau efek samping lainnya, seperti sakit perut dan penambahan berat badan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*