Penyebab & Cara Mencegah Sakit Punggung Sebelah Kanan Bawah

  • August 6, 2021

Anda pernah merasakan sakit punggung, namun hanya sebelah kanan bawah saja? Sakit punggung sebelah kanan bawah merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan orang dan bisa terjadi di salah satu bagian tubuh saja, misalnya sebelah kanan. Sakit punggung sebelah kanan bawah ini bisa disebabkan oleh cedera otot, gangguan saraf dan tulang belakang, hingga gangguan organ tubuh bagian dalam. Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab sakit punggung sebelah kanan bawah.

Sakit punggung tengah adalah kondisi rasa nyeri atau tidak nyaman pada area tulang belakang dada
  1. Cedera Otot atau Tulang Belakang

Cedera otot atau tulang belakang ini adalah penyebab sakit punggung sebelah kanan bawah yang paling umum diderita orang. Cedera ini bisa disebabkan oleh mengangkat benda berat dengan teknik mengangkat yang tidak tepat, gerakan peregangan badan yang berlebihan atau tidak melakukan pemanasan yang benar sebelum olahraga, dan gerakan tubuh yang canggung, seperti salah bantal saat tidur dan posisi duduk yang terlalu lama.

  1. Spinal Stenosis 

Sakit punggung sebelah kanan bawah juga bisa menandakan adanya spinal stenosis, yaitu suatu kondisi dimana terjadi penyempitan pada tulang belakang yang menyebabkan saraf tertekan dan menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri ini tidak hanya terasa di bagian punggung sebelah kanan saja, namun bisa menjalar keseluruh tubuh, mulai pinggul sampai kaki. 

  1. Radang Usus Buntu

Biasanya kita menduga kalau sakit punggung sebelah kanan bawah ini hanya disebabkan oleh cedera atau ada saraf yang terjepit. Padahal sakit punggung sebelah kanan ini juga bisa disebabkan oleh radang usus buntu. Radang usus buntu atau apendisitis adalah peradangan pada usus buntu yang dapat terjadi karena adanya penyumbatan atau infeksi. Peradangan ini biasanya menimbulkan rasa sakit di sisi kanan bawah perut dan menjalar hingga ke sisi kanan punggung. 

  1. Batu Ginjal

Terletak di area punggung bawah, banyak orang yang tidak menyadari bahkan cenderung mengabaikan kalau sakit punggung sebelah kanan bawah merupakan ciri umum dari sakit ginjal, seperti infeksi dan batu ginjal. Ciri lainnya berupa urin yang keruh atau berdarah, demam, dan sakit ketika buang air kecil. Rasa sakit yang ditimbulkan dari batu ginjal ini juga bisa menyebar ke selakangan dan perut bagian bawah. 

  1. Kolitis Ulserativa

Kolitis ulserativa atau ulcerative colitis adalah peradangan yang terjadi pada lapisan usus besar yang ditandai dengan diare yang disertai darah atau nanah, demam, sering merasa ingin buang air besar, dan berat badan yang turun. Selain itu, peradangan ini juga menimbulkan rasa nyeri dan kram perut yang bisa meluas hingga ke satu atau kedua sisi punggung. 

Cara untuk Mencegah Sakit Punggung Sebelah Kanan

Sakit punggung seringkali menghambat aktivitas sehari-hari, baik sakit punggung sebelah kanan, kiri, atas, maupun bawah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mencegahnya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari sakit punggung sebelah kanan, kiri, atas, maupun bawah.

  1. Olahraga Secara Teratur

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saja, tapi olahraga secara teratur juga dapat mencegah sakit punggung. Dengan berolahraga tubuh akan aktif bergerak, otot-otot pun menjadi lebih kuat dan lentur. Salah satu olahraga yang bagus untuk mencegah sakit punggung sebelah kanan maupun sisi yang lain adalah pilates dan yoga. Namun, jika Anda memiliki riwayat sakit di area sekitar persendian, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar mendapat rekomendasi olahraga yang tepat. 

  1. Perbaiki Posisi Tubuh

Posisi tubuh yang salah pada saat tidur, berdiri, dan duduk ternyata juga dapat menyebabkan sakit punggung. 

Saat tidur, pastikan Anda menggunakan alas tidur yang cukup tebal dan bantal yang tidak terlalu tinggi agar leher tidak bertekuk saat Anda tidur. Kemudian, pada saat posisi tubuh saat berdiri juga harus Anda perhatikan. Berdirilah dengan punggung dan kepala tegak, serta kaki yang lurus. Sementara untuk posisi duduk, terutama bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu bekerja di depan komputer atau laptop. Duduklah dalam posisi punggung lurus dan bahu ke belakang, sementara bagian siku membentuk huruf L atau 90 derajat dan padangan sejajar dengan monitor. Ubahlah posisi duduk Anda secara teratur, misalnya setiap setengah jam sekali untuk mencegah sakit punggung sebelah kanan ataupun sisi lain.

  1. Jangan Memaksakan Diri Mengangkat Beban Berat

Salah satu penyebab sakit punggung adalah sering memaksakan diri untuk mengangkat beban yang berat. Mintalah bantuan orang lain, apabila tidak sanggup untuk mengangkatnya sendiri atau menggunakan bantuan alat. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan posisi saat mengangkat beban tersebut. Sebaiknya hindari posisi punggung membungkuk dengan kaki lurus saat mengangkat beban karena berpotensi menimbulkan cedera pada punggung. 

Itulah beberapa penyebab sakit punggung sebelah kanan bawah serta cara untuk mencegahnya. Segera hubungi dokter apabila sakit punggung tidak kunjung membaik bahkan semakin memburuk dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*