Penyebab Sakit Perut Karena Makan Pedas

  • August 20, 2021

Bagi masyarakat Indonesia, tidak pas rasanya jika tidak menyantap makanan pedas. Makanan dengan cita rasa pedas seperti sambal sudah menjadi ciri khas masyarakat. Namun tidak semua orang kuat mengonsumsi makanan pedas, ada orang-orang yang sering mengalami sakit perut karena makan pedas.

Penyebab Sakit Perut Karena Makan Pedas

Rasa sakit tersebut disebabkan oleh senyawa kimia aktif yang disebut capsaicin. Normalnya, capsaicin menimbulkan sensasi hangat saat dikonsumsi sehingga memicu timbulnya keringat untuk membantu mendinginkan tubuh. 

Namun ada sebagian orang yang memiliki masalah pencernaan mengalami sakit perut usai mengonsumsi makanan pedas. Hal tersebut terjadi karena capsaicin bersentuhan dengan mukosa lambung sehingga menyebabkan iritasi. Ketika lambung teriritasi, maka produksi asam lambung akan meningkat.

Sakit perut bagian atas dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit.

Meningkatnya asam lambung bukan hanya karena mengonsumsi makanan pedas, ada beberapa faktor lainnya yang dapat membuat asam lambung naik yaitu:

  • Kelebihan berat badan
  • Merokok
  • Kehamilan
  • Stres
  • Konsumsi beberapa obat-obatan, seperti obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi (seperti ibuprofen)

Sakit perut karena makan pedas bukan hanya disebabkan oleh cabai. Ada berbagai makanan lain yang turut memicu mulas dan gangguan pencernaan, seperti:

  • Bawang merah
  • Coklat
  • Kopi
  • Alkohol
  • Bawang putih
  • Tomat
  • Garam
  • Makanan berlemak

Selain karena asam lambung, capsaicin juga dapat memperburuk sakit perut pada orang yang menderita sindrom iritasi usus besar (IBS). Yang gejalanya meliputi sakit perut, sembelit dan diare.

Karena itu, Anda yang memiliki pencernaan sensitif sebaiknya membatasi konsumsi makanan pedas.

Cara Mengatasi Sakit Perut Karena Makan Pedas

Saat mengonsumsi makanan pedas, banyak orang yang meminum minuman dingin untuk meredakan sensasi terbakar. Padahal air dingin justru akan memperparah rasa terbakar tersebut. Berikut beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit perut karena makan pedas.

  1. Mengonsumsi Susu

Saat merasakan sensasi terbakar atau mulas akibat makanan pedas, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi susu atau yogurt. Susu bekerja layaknya sabun yang membersihkan lemak pada piring. Dengan kata lain, susu dapat menghilangkan dan melarutkan capsaicin penyebab rasa tidak nyaman pada perut.

  1. Roti dan Nasi

Anda bisa mengonsumsi roti atau nasi untuk mengatasi sakit perut karena makan pedas. Meski keduanya tidak bertindak seperti susu yang melarutkan capsaicin. Namun roti dan nasi dapat menyerap capsaicin dengan baik.

  1. Madu atau Gula

Sesendok gula atau madu dapat menyerap capsaicin untuk meredakan sensasi pedas. Anda juga bisa mencampur madu dengan lemon. Lemon bekerja dengan menetralkan capsaicin dengan mengikatnya. Namun bagi Anda yang memiliki asam lambung, tidak disarankan menambahkan lemon.

  1. Air Hangat

Banyak yang mengira jika air dingin dapat meredakan sensasi pedas yang mereka rasakan. Padahal air hangat lah yang benar-benar dapat meredakan sensasi pedas tersebut. Pada awalnya mungkin terasa tidak nyaman, namun dalam beberapa saat, rasa pedas akan langsung mereda.

  1. Jahe

Jahe efektif mengatasi permasalahan perut seperti mulas, mual, muntah hingga mabuk perjalanan. Jahe juga relatif aman dikonsumsi bagi sebagian orang termasuk ibu hamil. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk teh atau meminum air rebusannya.

Sakit perut karena makan pedas selain karena masalah pencernaan yang sensitif, juga disebabkan oleh konsumsi berlebihan. Karena faktanya, mengonsumsi cabai dalam jangka panjang telah terbukti dapat memperbaiki rasa tidak nyaman pada perut. Dan pada penelitian, capsaicin dapat menghambat sekresi asam, meningkatkan aliran darah ke mukosa dengan merangsang sekresi lendir yang dapat melindungi lapisan lambung.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*