penyebab susah tidur

Penyakit yang Bisa Menjadi Penyebab Susah Tidur

  • October 22, 2021

Ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab susah tidur pada setiap orang. Mulai dari kebiasaan atau pola hidup yang tidak sehat, hingga adanya penyakit tertentu.

Untuk bisa mengatasi kondisi sulit tidur yang kamu alami, kamu harus tahu dulu akar penyebab yang mendasarinya. Mengetahui penyebab, bisa membantu kamu menyusun rencana perawatan.

Nah lalu apa saja ya kira-kira penyakit yang bisa menyebabkan kita sulit tidur? Mari cari tahu jawabannya pada ulasan di bawah ini ya!

Mengenal sleep disorder

Sleep disorder atau gangguan tidur adalah kondisi yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Salah satu gejala yang umum dari gangguan tidur adalah kesulitan untuk terlelap di malam hari. Jika kamu sering mengalami seperti:

  • Selalu kesulitan tidur di malam hari
  • Saat bangun tidur merasa lelah atau exhausted
  • Merasa ngantuk seharian

Maka kemungkinan kamu mengalami masalah gangguan tidur. Saat ini menjadi siklus sehari-hari, maka bisa berdampak buruk pada kualitas hidup kamu secara keseluruhan.

Jenis sleep disorder penyebab susah tidur

Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan tidur yang sering terjadi di masyarakat:

1. Insomnia

Kata insomnia pasti selalu terlintas saat kita membicarakan masalah sulit tidur. Insomnia adalah ketidakmampuan kamu untuk terlelap atau mendapatkan cukup durasi tidur di malam hari.

Ada beberapa faktor uang bisa menjadi penyebab insomnia ini, sepert:

  • Jet lag
  • Kebiasaan tidur yang kurang baik
  • Stres dan depresi
  • Kondisi kesehatan
  • Efek obat tertentu
  • Mengidap gangguan tidur lainnya, dll.

Insomnia yang tidak ditangani dalam jangka panjang bisa menjadi faktor pemicu gangguan kesehatan lain. Seperti depresi, stress kronis, hingga rasa sakit atau ketidaknyamanan saat malam hari.

2. Sleep apnea

Sleep apnea adalah kondisi di mana sistem pernapasan berhenti sementara saat kamu tertidur. Kondisi ini bisa menyebabkan kamu tiba-tiba terbangun di malam hari.

Meski seringkali kamu tidak menyadari saat kamu terbangun di malam hari, namun efek gangguan tidur ini akan kamu rasakan saat bangun.

Kamu mungkin akan merasakan lelah saat beraktivitas, mudah tersinggung atau sensitif  karena tak cukup tidur, dan penurunan produktivitas.

Kondisi ini juga mengancam jiwa, jadi kalau kamu mengalami kondisi ini segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan.

3. Restless legs syndrome (RLS) 

SLR atau sindrom kaki gelisah adalah gangguan tidur yang memicu adanya dorongan kuat dan tak tertahankan untuk menggerakkan kaki.

Tak hanya di tengah tidur, kondisi ini bisa terjadi saat kamu berbaring, duduk terlalu lama, hingga saat menyetir.

RLS yang terjadi di malam hari dapat menjadi penyebab susah tidur dan membuat seseorang kesulitan untuk tetap terlelap. Hal ini berdampak pada produktivitas kamu di siang hari.

4. Narkolepsi

Penyebab susah tidur yang berikutnya adalah narkolepsi. Narkolepsi adalah gangguan tidur yang disebabkan oleh terganggunya mekanisme otak yang mengontrol tidur dan bangun kamu.

Karena terganggunya mekanisme ini seseorang bisa mengalami sulit terlelap di malam hari. Orang yang menderita narkolepsi akan mengalami ngantuk hebat di siang hari dan kerap kali tertidur dalam durasi pendek-pendek beberapa kali.

Selain itu mungkin juga akan mengalami serangan tidur atau tidur mendadak juga bisa terjadi di tengah aktivitas sehari-hari. 

Jika kamu kerap kali mengalami beberapa gejala gangguan tidur di atas maka diperlukan bantuan profesional untuk mengatasinya.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*