kopi mocha

Resep dan Cara Membuat Kopi Mocha di Rumah, Lebih Sehat dan Enak

  • July 23, 2021

Meminum segelas kopi yang dicampur cokelat, susu, dan beberapa buah es batu di siang terik rasanya pasti akan sangat nikmat. Bagi penikmat kopi susu, jenis kopi mocha ini tak boleh dilewatkan. 

Kopi memiliki beragam manfaat, mulai dari sumber antioksidan, meningkatkan konsentrasi, dan melawan kantuk. Penelitian membuktikan bahwa kombinasi tepat dari kopi, cokelat, dan susu memiliki manfaat yang lebih banyak dari kopi hitam biasa. Kandungan cokelat dan susu juga bisa mengurangi efek samping kopi, termasuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, tidak semua kopi mocha memiliki rasa yang sama. Beberapa mungkin lebih terasa cokelat atau susunya dibandingkan kopi. Ada pula produsen kopi yang menambahkan gula tambahan, sehingga membuat kopi mocha lebih tinggi gula. Seperti yang diketahui, makanan dan minuman tinggi gula dapat meningkatkan risiko diabetes dan kegemukan. 

Untuk meminimalisir efek tersebut, Anda bisa membuat kopi mocha sendiri di rumah. Bahan-bahannya mudah ditemukan dan cara pembuatannya pun sederhana. 

Cara membuat kopi mocha di rumah

Untuk membuat kopi mocha yang lezat, Anda tak perlu peralatan membuat kopi yang mahal dan mewah. Kopi mocha bisa dibuat secara manual di rumah. 

Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 bungkus bubuk kopi hitam favorit Anda (Anda juga bisa menumbuk sendiri biji kopi yang ada di rumah)
  • Susu almond atau susu sapi atau pilihan susu lain yang Anda sukai
  • Bubuk cokelat atau chocolate bar
  • Stevia atau pemanis alami lainnya (opsional, jika Anda suka mocha latte yang sedikit lebih manis)
  • Air secukupnya
  • Es batu

Cara membuatnya adalah cukup menuangkan seluruh bahan ke dalam wadah blender, lalu blender hingga berbusa. Anda juga bisa menggunakan hand blender agar lebih praktis tanpa perlu menuang kopi ke wadah yang berbeda. 

Setelah itu, tambahkan es batu secukupnya sesuai selera. Anda bisa menambahkan whipped cream agar lebih nikmat. Jika ingin kopi mocha hangat, Anda bisa memanaskan kopi dengan microwave sampai suhu yang diinginkan.

Bahan-bahan yang digunakan dalam hidangan ini adalah vegan-friendly yang pasti lebih sehat. Agar lebih nikmat, Anda bisa menggunakan biji kopi mocha dari Coffesso. Coffesso Java Mocha Coffee Beans memiliki aroma buah dan sedikit rasa gula merah yang menciptakan tingkat keasaman ringan dan rasa yang kuat. 

Tips meminum kopi agar lebih menyehatkan 

Agar kopi membawa lebih banyak manfaat bagi tubuh, berikut tips meminum kopi mocha yang bisa Anda coba:

  1. Minum kopi dibawah jam 2 siang. Meminum kopi di sore atau malam hari dapat menganggu tidurmu, sehingga Anda akan lelah dan mengantuk keesokan harinya. 
  2. Jangan tambahkan terlalu banyak gula dan pemanis. Hindari memberi terlalu banyak gula atau topping manis karena dapat menurunkan manfaatnya. Lebih baik gunakan pemanis alami seperti stevia.
  3. Pilih kopi yang berkualitas. Kualitas kopi akan mempengaruhi hasil akhir hidangan. Coffesso Java Mocha Coffee Beans dipilih dari biji kopi terbaik dengan pemrosesan dark roast sehingga menciptakan rasa yang lebih kuat. 
  4. Hindari minum kopi terlalu banyak. Disarankan 2-4 cangkir kopi per hari atau maksimal 6 cangkir untuk orang dewasa sehat.

Catatan

Kopi mocha adalah minuman kopi yang bisa dinikmati oleh segala usia, mulai dari remaja hingga orang tua. Minuman ini juga bisa diminum kapan saja dengan tambahan es batu atau sajian hangat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*