Yuk Mainan Slime, Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental Lho!

  • October 14, 2021

Apa yang pertama kali kamu bayangkan ketika kamu mendengar kata slime? Mainan slime ini sempat populer beberapa tahun lalu karena teksturnya yang kenyal yang membawa kepuasan tersendiri bagi orang yang memainkannya. Beberapa mainan slime juga memiliki tambahan pewarna dan pernak-pernik sehingga membuatnya tampak terlihat lebih memukau. 

Slime merupakan salah satu mainan yang termasuk dalam sensory play. Sensory play adalah aktivitas permainan yang dapat meningkatkan panca indera bayi dan anak-anak. Tapi selain bermanfaat untuk anak-anak, mainan slime juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental kita, lho. 

Mainan slime yang bagus untuk anak

Manfaat bermain slime bagi kesehatan mental

Slime memiliki tekstur yang kenyal dan sedikit lengket seperti jeli. Karena teksturnya yang unik dan fleksibel, slime bisa dibentuk menyerupai apa saja. Mainan slime juga diberi tambahan warna-warna lembut hingga cerah, dan hiasan seperti manik-manik berwarna. Beberapa slime juga ditambahkan aroma wangi dan dibentuk sedemikian rupa sehingga enak dipandang. Ketika dimainkan, slime bisa menghadirkan suara unik yang bisa menstimulasi respon meridian sensorik otonom (ASMR).

Slime dapat merangsang penglihatan, sentuhan, penciuman, dan suara. Karena hal-hal tersebut, mainan slime membawa banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun psikologis. Berikut ini beberapa manfaat slime bagi kesehatan mental:

  1. Meningkatkan fokus dan perhatian

Mainan slime memberikan pengalaman sensorik yang mendalam, bahkan untuk orang dewasa. Bermain slime dapat mempertahankan 10% dari fokus dan kesadaran seseorang, sangat bagus bagi seseorang yang sulit berkonsentrasi dalam jangka waktu lama. 

  1. Melepas stres

Salah satu manfaat bermain slime yang paling terkenal adalah meningkatkan suasana hati dan melepas stres. Tekstur slime yang menyerupai lendir yang lembut, dingin, dan fleksibel. Tindakan meremas, meregangkan, atau melipat slime membuat rileks, sehingga cocok dimainkan ketika kamu sedang merasa cemas atau gugup. 

Dengan bermain slime, kamu akan fokus pada aktivitas sensorik tersebut daripada penyebab stres yang sebenarnya. Bahkan pada beberapa orang mainan slime lebih efektif membantu mengurangi gejala depresi dibandingkan bentuk terapi lainnya. 

  1. Membantu melatih mindfulness

Mindfulness adalah kondisi seseorang sadar akan dirinya pada saat ini tanpa khawatir akan hal lainnya. Mindfulness bisa dilatih dengan cara meditasi, dan menariknya bermain slime juga bisa membantumu mencapai kondisi mindful. Hal ini juga berkaitan dengan manfaat slime dapat meningkatkan fokus dan perhatian tanpa mudah teralihkan. Slime juga membantu mengembangkan kebiasaan untuk mengidentifikasi dan mengatur keadaan emosi seseorang. 

  1. Melatih kesabaran

Jika kamu ingin membuat mainan slime sendiri, butuh kesabaran dalam membuat slime. Pasalnya, proses pembuatan slime hingga mendapatkan slime sesuai keinginan tidak semudah kelihatannya. Kamu akan melalui beberapa kali trial dan error, yang membutuhkan ketekunan serta kesabaran. 

Catatan

Slime adalah mainan anak-anak yang cukup populer, tapi terlepas dari itu mainan ini juga bisa digunakan tanpa batasan usia karena pengalaman sensorik bisa didapatkan oleh anak-anak hingga lansia. 

Mainan slime umumnya memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana, dan bisa digunakan kapanpun terutama di situasi yang menegangkan atau membutuhkan perhatian dan konsentrasi tingkat tinggi. Slime memang bisa membantu mengurangi kecemasan seseorang menjadi lebih tenang dan mindful. Tapi pada akhirnya itu tergantung pada kepribadian orang tersebut dan apakah mereka menyukai tekstur dan suara yang dihasilkan slime. Jika tidak berhasil, ada baiknya mengunjungi psikolog atau psikiater untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*